Beasiswa IDB 2016 – S3 dan Postdoctoral

Peluang Beasiswa Islamic Development Bank (IDB) 2016 hadir lagi. Beasiswa S3 dan riset postdoctoral ini ditawarkan tiap tahun bagi peserta negara anggota IDB seperti Indonesia. Namanya Merit Scholarship Programme for High Technology (MSP). Lebih sederhananya disebut beasiswa MSP IDB. Yang membuat beasiswa ini diminati karena tanggungan penuh beasiswa jika pelamar berhasil terpilih. Bahkan, disediakan tunjangan keluarga jika memang kandidat bersangkutan berniat memboyong keluarga keluar negeri. 

Beasiswa IDB 2016 berlangsung selama tiga tahun untuk gelar PhD dan 6 – 12 bulan untuk riset postdoctoral. Beasiswa IDB menanggung semua kebutuhan utama studi, mulai dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket pesawat pp, tunjangan seminar, tunjangan persiapan makalah ilmiah, tunjangan komputer (PhD), hingga tunjangan keluarga (PhD).

Pelamar dianjurkan untuk mengambil gelar PhD atau riset post-doctoral mereka di universitas atau lembaga penelitian terkemuka di dunia. Prioritasnya adalah universitas yang telah bekerjasama dengan IDB, seperti University of Cambridge, University of Oxford, University of Nottingham, University of Birmingham, UCL di UK, Princeton University USA, Paris-Tech di Perancis, KAUST di Arab Saudi, dan sejumlah universitas lainnya yang tertera di 50 universitas terbaik dunia

Fokus area studi untuk PhD meliputi bidang sains dan teknologi, yaitu: kesehatan/kedokteran, pertanian/produksi pangan, sumber daya air/desertifikasi, energi/pengembangan infrastruktur, teknologinano, pembangunan berfokus TIK, dan ilmu murni.

Sementara, untuk riset postdoctoral para kandidat diminta untuk mengambil proyek inovatif yang spesifik yang dapat mengatasi masalah dalam negara anggota IDB, seperti malaria, Corona, Ebola, produksi makanan, sumber daya air, desertifikasi, engeri, dll. 

Persyaratan: 
1. Usia tidak lebih dari 35 tahun untuk PhD dan 40 tahun untuk riset post-doctoral 
2. Terikat pada lembaga penelitian/akademik/pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di negara masing-masing
3. Memiliki latar belakangan akademis yang diperlukan terkait studi/riset yang diusulkan serta memiliki beberapa pengalaman profesional atau penelitian di bidang bersangkutan 
4. Menunjukkan bahwa proposal penelitian (yang diajukan) memiliki relevansi ilmiah dan teknologi dengan tujuan memenuhi kebutuhan prioritas pembangunan negara 
5. Memiliki perintah bahasa yang baik dari institusi studi serta kemampuan bekerja secara ilmiah bersama

Dokumen aplikasi: 
1. Formulir aplikasi
2. Curriculum Vitae (CV)
3. Salinan ijazah sarjana dan transkrip
4. Salinan ijazah master dan transkrip
5. Dua lembar pasfoto ukuran paspor (masukkan dalam plastik transparan)
6. Bukti kewarganegaraan (akte kelahiran/paspor)
7. Sertifikat kemampuan bahasa atau skor tes (jika ada)
8. Salinan sertifikat pengalaman kerja
9. Surat atau bukti pra-pendaftaran (jika ada)

›› Selain itu untuk pelamar riset postdoctoral lampirkan juga: 

10. Salinan ijazah doktor (PhD)
11. Halaman muka publikasi

Pendaftaran: 
Pemohon harus mengisi formulir aplikasi (unduh: PhD, Postdoctoral) dan mengirimkannya bersama dengan semua dokumen aplikasi yang tertera di atas (1 – 9 untuk PhD, 1 – 11 untuk riset postdoctoral. Anda juga harus dinominasikan oleh pimpinan institusi/lembaga tempat kerja terlebih dahulu sebelum mengajukan aplikasi (tertera di formulir).

Setelah lengkap, aplikasi tersebut dikirim ke kantor Gubernur IDB negara masing-masing. Di Indonesia, aplikasi ini ditujukan ke Kementerian Keuangan RI. Nanti mereka yang menindaklanjuti dan mengajukannya ke kantor pusat IDB, Jeddah, Arab Saudi. Harap diingat, aplikasi tidak akan diterima bila langsung dikirim ke kantor pusat IDB. Keterangan ini bisa dilihat di situs IDB (www.isdb.org).

Berkas tersebut sudah harus diterima paling lambat 31 Desember 2015. Aplikasi dibuat satu rangkap dalam bahasa Inggris, Perancis, atau Arab. Jika dokumen tidak menggunakan bahasa tersebut, sertakan terjemahan resminya. Atur dokumen sesuai urutan yang tertera di formulir dan berikan kertas pemisah masing-masingnya (putih/warna). Beri judul pada tiap kertas pemisah tersebut sesuai nama dokumen.

Kirimkan aplikasi ke:

Bambang P.S  Brodjonegoro
Minister of Finance
Ministry of Finance Djuanda Bldg. 
JL. Dr. Wahidin No. 1 Jakarta 10710 Republic of Indonesia
Telephone:+6221 3449230 - 3844324
Fax:+6221 3500842

Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui email: scholar@isdb.org atau telp: (966-2) 646-6833 / 636-1400.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter