Game Edukasi Memasak Buat Anak yang Menyenangkan, Ada Ratusan Koleksi

Game edukasi buat anak saat ini sudah tersedia banyak pilihan. Anda sebagai orangtua bisa menawarkan game edukasi tersebut saat mereka sibuk dengan game di gadgetnya. Game edukasi umumnya dirancang untuk melatih kemampuan intuisi dan kognitif anak agar mampu memecahkan masalah yang dihadapi. Game edukasi seringkali berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, membersihkan rumah, berangkat sekolah, belajar, mengerjakan tugas, memasak, dan menjawab teka-teki yang mengasah kemampuan berpikir anak.

Salah satu game edukasi yang menurut penulis cukup menarik adalah game edukasi anak yang ditawarkan culinaryschools.org. Jika Anda berkunjung ke websitenya, Anda akan menemukan ada ratusan permainan edukasi khusus untuk anak. Game tersebut disediakan gratis dan bisa diakses secara online melalui tablet, ponsel, maupun laptop. CulinarySchools sendiri merupakan website yang menawarkan sekolah-sekolah kuliner, khususnya di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa dan Asia. Jadi, buat Anda yang ingin menjadi seorang chef profesional, silakan simak daftar kampusnya di CulinarySchools.

Sementara itu, game edukasi anak yang disediakan berhubungan dengan makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, dan karir yang berhubungan dengan perhotelan. Tema tersebut sesuai dengan minat anak pada umumnya. Misalnya salah satu game edukasi yang ditawarkan adalah baby supermarket. Di game tersebut seorang anak sedang berbelanja makanan di sebuah supermarket dan memilih belanjaan yang mereka sukai. Sang anak kemudian mencocokkan makanan yang akan dimasukkan ke troli sesuai dengan pilihan yang tersedia di rak belanja. Jika sesuai maka akan diberi apresiasi.

Setelah mencoba beragam game edukasi dari culinaryschools.org, beberapa permainan edukasi anak menurut penulis cukup menarik dan menjadi rekomendasi. Namun, sebelum menawarkan ke anak, sebagai orangtua atau saudara, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu.

Tractor Express
Game edukasi ini melatih bagaimana anak bisa mengendarai traktor express yang mengangkut barang ke alamat tujuan. Setiap kali berhasil melewati rintangan, kendaraan akan mendapatkan bintang. Pemain dianggap berhasil bila telah sampai finish. Untuk memainkannya, Anda tinggal menekan tombol kanan dan kiri agar posisi traktor bisa maju atau mundur.



Watermelon Game
Game edukasi satu ini sangat populer di CulinarySchools. Anak dapat memainkan game ini dengan mudah. Caranya cukup menjatuhkan buah yang sesuai pada layar. Jika buah yang sama berbenturan, maka akan pecah. Poin untuk pemain bertambah. Anda bisa meningkatkan terus jumlah poin jika mampu memecahkan buah yang dijatuhkan.
 

Pizza Baker
Game edukasi memasak satu ini mengajarkan akan untuk membuat pizza dengan mencampurkan adonan dan bahan pembuatan pizza. Mulai dari jenis sayuran, daging, telur, saos, serta berbagai bahan makanan lainnya. Sehingga anak yang memainkan game ini berhasil membuat pizza.
 

Fruit Quiz
Anak-anak umumnya senang makan buah. Nah, game edukasi satu ini memberi tantangan untuk memilih nama buah sesuai dengan gambar yang tampil di layar. Jika jawaban Anda benar, maka akan mendapatkan poin. Salah satu keunggulan game ini adalah anak secara tidak langsung juga akan diajarkan bahasa Inggris karena bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris.
 

Draw It
Jika anak Anda senang menggambar, game edukasi satu ini bisa diperkenalkan. Game ini meminta penggunanya untuk menggambar sebuah benda yang tampil di layar. Misalnya menggambar awan.

Restaurant Hidden Different
Game edukasi satu ini adalah mencari perbedaan dari dua buah gambar yang serupa yang tampil di layar. Anda tinggal menyorot titik gambar yang terlihat berbeda dari gambar sebelahnya. Bila benar, maka pemain akan mendapatkan poin. Game ini akan melatih kejelian karena harus mencari perbedaan gambar secara cermat.
 

Masih terdapat banyak game edukasi anak yang bisa dicoba di website CulinarySchools. Jika Anda tertarik, link website tertera di atas.

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter