Beasiswa Bill Gates Full di University of Cambridge (S2, S3) 2025

Peluang beasiswa di Inggris makin ramai dibuka. Kesempatan bagi pelamar untuk mengajukan aplikasi lebih banyak. Selain beasiswa Chevening yang tersedia baru-baru ini, juga sedang dibuka beasiswa Bill Gates untuk studi di University of Cambridge, UK. Tawaran beasiswa full di universitas top dunia ini disediakan melalui Bill and Melinda Gates Foundation, yayasan yang dimiliki orang terkaya dunia tersebut. Nama programnya Gates Cambridge Scholarship. Beasiswa internasional untuk studi master (S2) dan doktor (S3) di University of Cambridge.

Didirikan pada 2000, beasiswa Gates Cambridge menerima sekitar 80 kandidat terbaik setiap tahunnya. 55 kursi akan diberikan bagi kandidat internasional, termasuk pelamar Indonesia, selebihnya yakni 25 kursi ditujukan bagi warga AS. Selagi dibuka, beasiswa Bill Gates ini sayang untuk dilewatkan. Selain menanggung penuh biaya studi, juga disediakan bantuan dana lainnya. Meski begitu, pelamar harus bersaing dengan kandidat-kandidat dari berbagai belahan negara untuk meraih beasiswa ini.

Cakupan beasiswa S2 dan S3 di University of Cambridge ini yakni biaya kuliah penuh di University of Cambridge, tunjangan pemeliharaan sekitar £21.000 (Sekitar Rp 425 juta) per tahun, tiket pesawat kelas ekonomi saat keberangkatan dan pemulangan, biaya visa masuk serta biaya kesehatan imigrasi (IHS), serta dana tambahan berdasarkan kebijakan, seperti biaya pengembangan akademik sekitar £ 500 - £ 2.000 untuk menghadiri konferensi dan perkuliahan, tunjangan keluarga hingga £ 11.604 bagi yang memiliki seorang anak dan maksimal £ 16.548 untuk dua orang anak atau lebih. Selain itu disediakan tunjangan kerja lapangan, biaya kesulitan yang tak terduga, dan biaya persalinan. Menariknya lagi, pelamar beasiswa Gates Cambridge tidak dibatasi umur.
 
Persyaratan:
1. Terbuka bagi siapa saja, kecuali warganegara Inggris
2. Melamar untuk perkuliahan penuh waktu di University of Cambridge berikut:
   ▪ PhD (full-time atau part-time)
   ▪ MLitt (full-time)
   ▪ Kuliah pascasarjana satu tahun (dengan beberapa pengecualian seperti tertera di bawah)

* Pelamar yang sedang menjalani kuliah di University of Cambridge pada jenjang yang sama tidak memenuhi syarat beasiswa ini, kecuali mereka mendaftar untuk perkuliahan yang baru, misalnya dari master mendaftar ke PhD.
 
Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi GRADSAF (mencakup bagian Gates Cambridge Scholarship)
2. Transkrip akademik
3. 2 referensi akademik
4. 1 referensi personal (khusus untuk Gates Cambridge Scholarship)
5. CV/resume
6. Proposal riset (bagi pelamar PhD)

Kriteria pelamar:
1. Memiliki prestasi akademik
2. Punya alasan memilih jurusan
3. Memiliki komitmen meningkatkan kehidupan orang lain
4. Memiliki kapasitas kepemimpinan
 

Pendaftaran: 
Pelamar dapat mengajukan beasiswa di University of Cambridge dengan menggunakan paket aplikasi tunggal. Maksudnya tidak ada pendaftaran terpisah antara pendaftaran ke universitas atau beasiswa. Setelah menentukan progam studi yang diminati, Anda bisa langsung mendaftar melalui laman Graduate Admission Office secara online serta melengkapi formulir dan dokumen pendukung yang dibutuhkan.

Setelah mendaftar secara online, pelamar akan disediakan formulir aplikasi yang digunakan untuk mendaftar di program studi sekaligus pendaftaran beasiswa. Di formulir nanti tersedia kolom Gates Cambridge Statement (sekitar 500 kata) yang harus dilengkapi bila ingin mendaftar beasiswa Gates Cambridge. Statement tersebut meminta Anda menjelaskan mengapa Anda melamar Beasiswa Gates Cambridge dan bagaimana Anda memenuhi empat kriteria utama. Selain itu, tersedia juga kolom referensi yang harus diisi.

Pihak universitas bisa saja meminta dokumen tambahan melalui program studi yang diminati, seperti skor tes kemampuan bahasa Inggris, proposal penelitian, contoh karya tulis, skor GRE/GMAT, dll. Dokumen tambahan tersebut bisa dilihat langsung melalui masing-masing program studi yang akan dilamar. 

Pendaftaran dibuka mulai 4 September 2024. Batas akhir pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai Oktober 2025 adalah 3 Desember 2024 atau 7 Januari 2025. Tergantung pilihan program studi yang dipilih. Keterangan lebih lanjut bisa disimak melalui laman Gates Cambridge Scholarship di bawah. Kandidat yang telah melalui ranking departemen dan masuk shortlist akan diberitahu tentang hasil aplikasi pada 5 Maret 2025. Hasil seleksi akhir akan disampaikan pada lambat 7 April 2025.
 
Kontak:
Gates Cambridge Trust
Ground Floor, The Warehouse,
33 Bridge Street
Cambridge, CB2 1UW
United Kingdom
[t] +44 (0) 1223 338467
[e] info@gatescambridge.org
[w] https://www.gatescambridge.org/ 

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter