Beasiswa Tugas Akhir S1, S2, S3 Mulai Rp 4 Juta - Rp30 Juta

Siapa di sini yang sedang memulai tugas akhir studi, seperti skripsi, tesis, atau disertasi? Beasiswa tugas akhir satu ini barangkali sesuai buat kamu. Baznas baru-baru ini mengumumkan beasiswa tugas akhir bagi mahasiswa perorangan maupun riset bagi kelompok peneliti. Ada dua jenis beasiswa tugas akhir yang diumumkan oleh Baznas. Salah satunya adalah beasiswa riset kategori umum.

Beasiswa riset/tugas akhir kategori umum disediakan Baznas bagi mahasiswa untuk jurusan umum dengan sejumlah tema pritoritas yang ditetapkan. Kuota yang disediakan lumayan banyak, beasiswa tugas akhir S1 sebanyak 50 kursi, beasiswa tugas akhir S2 sebanyak 55 kursi, dan beasiswa tugas akhir S3 sebanyak 55 kursi. Sementara, beasiswa untuk kelompok/tim peneliti disediakan 3 kursi yang terdiri masing-masing maksimal 5 orang per tim.

Adapun beasiswa yang diberikan berupa bantuan dana untuk menunjang kebutuhan riset/tugas akhir, yakni sebesar Rp 4 juta untuk skripsi S1, Rp 7 juta untuk tesis S2, dan Rp 10 juta untuk disertasi S3. Sedangkan untuk kegiatan penelitian tim/kelompok diberikan bantuan dana riset sebesar Rp 30 juta.

Selain bantuan dana, terdapat fasilitas tambahan berupa pengembangan diri seperti pelatihan kepenulisan menuju jurnal dan media massa, pemaparan kepada publik terhadap hasil riset yang telah diteliti, serta menjadi bagian dari ikatan alumni beasiswa BAZNAS.

Simak juga » Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Buka Peluang

Tema Prioritas:
1. BAZNAS : tema yang berkaitan dengan aktivitas BAZNAS dalam pengelolaan Zakat seperti 8 Program Prioritas BAZNAS & dapat dikaitkan dengan SDGs, RPJMN, Disabilitas;
2. Kesehatan : Kesehatan Ibu, anak, remaja (KIA), Kesehatan seksual-reproduksi, gizi, Penanggilangan penyakit menular & tidak menular, investasi system kesehatan, system kesehatan berpusat pada masyarakat, pemerataan sumber daya manusia, tata kelola kesehatan;
3. Teknologi : Infrastruktur digital, regulasi, keamaan dan data (teknologi yang reliable seperti blockchain)
4. Disabilitas : Inovasi infrastruktur dan regulasi di bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan, pendataan serta penghapusan stigma.
5. Pengembangan Masyarakat 3T dan Komunitas Adat

Persyaratan:
▪ Mahasiswa (S1/D4, S2, S3):
Diperuntukkan bagi mahasiswa/i dari seluruh program studi dan perguruan tinggi terakreditasi minimal A oleh BANPT dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Mahasiswa on going Diploma/S1 /S2 /S3 yang akan mengerjakan tugas akhir untuk persyaratan lulus dan memperoleh gelar studi
3. IPK minimal 3.35
4. Melampirkan dokumen berikut:
    a) Formulir pendaftaran
    b) KTP dan Kartu Keluarga
    c) KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
    d) Transkrip nilai IPK terakhir
    e) Surat keterangan aktif kuliah/rencana studi semester (KRS)
    f) Akreditasi Kampus dan Jurusan
    g) Surat rekomendasi tokoh
    h) Surat pernyataan
    i) Proposal Riset (tugas akhir)
    j) Hasil Tes Plagiarisme
    k) PPT Riset (tugas akhir)
    l) CV atau Riwayat Hidup dan Portofolio untuk ajuan riset mengenai desain, illustrasi digital dan perfilman

Simak juga » Beasiswa Pemerintah Irlandia Program S2 dan S3

▪ Kelompok/Tim/Lembaga Riset:

Diperuntukkan bagi tim peneliti yang berasal dari instansi/lembaga/kelompok Riset resmi yang terdaftar di BRIN atau memperoleh pengesahan dari instansi yang menaungi dengan persyaratan sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Lembaga/Instansi Riset yang terdaftar dalam sistem informasi registrasi lembaga riset BRIN
3. Kelompok Riset yang terdiri dari pegawai karyawan instansi/lembaga resmi dan mendapatkan ijin dari HRD dan Pimpinan satuan/unit kerja terkait
4. 1 (satu) Tim/Kelompok Riset maksimal terdiri dari 5 orang.
5. Melampirkan dokumen berikut:
    a) CV & Data diri seluruh Anggota Tim
    b) Foto KTP Seluruh Anggota Tim
    c) Kartu Tanda Kepegawaian atau ID Card Seluruh Anggota Tim
    d) Akta Kemenkumham & Bukti Registrasi BRIN (Kategori Lembaga/Instansi)
    e) Surat Keterangan dan Rekomendasi dari HRD dan Pimpinan Satuan/Unit Kerja (Kategori Riset Mandiri)
    f) Rancangan Biaya Anggaran Riset
    g) Surat Rekomendasi Tokoh
    h) Surat Pernyataan bersedia melakukan riset dengan tema yang telah ditetapkan oleh BAZNAS
    i) Draft Proposal Riset
    j) Hasil Tes Plagiarisme
    k) Bahan presentasi Riset yang diajukan (diperbolehkan format PPT atau Video) mahasiswa/I dan 17 bulan bagi kelompok/instansi/lembaga.

Simak juga » Beasiswa S1 University of Oxford dan University of Cambridge

Pendaftaran:

Bagi Anda yang berminat, pengajuan beasiswa tugas akhir dan riset dari Baznas ini dilakukan secara online. Silakan lengkapi formulir aplikasi online di laman bazn.as/risetumumbaznas24. Siapkan dokumen aplikasi seperti tertera di persyaratan di atas. Kemudian unggah di formulir tersebut. Sebelum mendaftar, sebaiknya pelajari terlebih dahulu panduan beasiswa riset Baznas yang bisa diunduh di laman tersebut. Pendaftaran beasiswa tugas akhir Baznas 2024 dibuka mulai 27 Agustus s/d 14 September 2024.

Kontak:
[ig]baznasindonesia
[w] https://baznas.go.id

Info Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri
Lihat Peluang yang Sesuai Buat Kamu..!

Facebook Twitter